Menyediakan Perangkat Pembelajaran Dengan Harga Yang Murah

RPP SMA Kurikulum 2013

RPP SMA K13

RPP SMA Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 hadir menggantikan KTSP sejak tahun 2013 lalu. Awalnya kurikulum 2013 belum diterapkan pada semua jenjang pendidikan. 

Akan tetapi, kini kurikulum 2013 juga sudah digunakan pada satuan pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas atau SMA.


Berkaitan dengan RPP SMA K13, pihak Kemdikbud telah mengeluarkan Permen anyar. Salah satu peraturan tersebut yaitu Permendikbud no. 103 th 2014 terkait Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Permen tersebut juga mengatur perihal RPP yang mesti dibuat oleh guru.

Memang benar perangkat pendidikan seperti silabus dan buku ajar pada kurikulum 2013 disediakan langsung oleh pemerintah pusat. Namun, terkait RPP semua masih diserahkan kepada masing-masing guru. 

Hal ini dengan pertimbangan RPP mesti dibuat atau disusun sesuai dengan situasi dan kondisi dalam satuan pendidikan. Jadi tidak bisa dibenarkan bila memukul rata RPP satu sekolah dengan sekolah yang lain.

Tujuan dan Fungsi RPP

RPP dibuat dan disusun dengan tujuan sebagai berikut:
  • Memperlancar, memudahkan, dan meningkatkan hasil KBM.
  • Dengan menyusun RPP yang sistematis secara profesional, diharapkan guru bisa mengamati, melihat, memprediksi, dan menganalisis KBM sebagai kerangka kerja yang terencana dan logis.

Sedangkan fungsi dari RPP itu sendiri yaitu sebagai acuan bagi guru untuk melangsungkan KBM agar bisa berjalan secara efektif dan terarah. Dalam hal ini RPP ibarat skenario yang mesti dimainkan supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai. 

Untuk itu, rencana pembelajaran baiknya bisa berjalan fleksibel dan memberi ruang bagi guru supaya bisa beradaptasi dengan respon siswa dalam KBM yang sesungguhnya.

Penyusunan RPP Berdasar Permendikbud

Sekali lagi perlu diingat. Penyusunan RPP sudah diatur pada Permendikbud 81A. Adapun dengan dirilisnya permedikbud 103. Hal ini artinya dalam pembuatan RPP K13 yang digunakan sebagai acuan dan rambu-rambu adalah Permendikbud 103 th 2014. 

Jadi memang tidak boleh asal membuat dan menyusun RPP. Apalagi bila menilik pada tujuan pembuatannya. Harus sesuai dengan rambu-rambu dan aturan yang ada.

Hanya saja memang bukan hal mudah membuat RPP yang bagus. Dibutuhkan keseriusan dan keterampilan. Hal inilah yang membuat seorang guru mesti meluangkan waktu untuk menyusun RPP berdasar Permendikbud terbaru. 

Sayangnya, tanggung jawab seorang guru cukup kompleks. Selain bertanggung jawab pada kompetensi siswa berkaitan dengan pengetahuan, guru juga mesti memperhatikan perkembangan sikap dan keterampilan siswa.

Bagi guru yang tidak memiliki waktu cukup untuk menyusun RPP sendiri tidak perlu khawatir. Adapun sebagai solusi, kami hadir memberikan bantuan. Kami menjual RPP untuk SMA kurikulum 2013

Tujuan kami tidak lain adalah untuk memberi kemudahan bagi para guru dalam upaya mempersiapkan rencana pembelajaran. 

Selain RPP SMA kurikulum 2013, kami juga menyediakan silabus dan RPP untuk semua tingkat pendidikan mulai dari PAUD, TK, SD, MI, SMP, MTS, SMA, MA, dan SMK.